Selasa, 24 Juli 2018

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


TUGAS 4
CARILAH MINIMAL 1 CONTOH LAIN SELAIN YANG TELAH ANDA DAPATKAN DI KELAS, TENTANG PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS ANDA MASING-MASING. URAIKAN DAN JELASKAN CONTOH YANG ANDA TEMUKAN.
Dalam pembelajaran di kelas begitu banyak media yang bisa kita kembangkan untuk mengajarkan siswa berbagai materi dalam buku maupun diluar dari buku. Saya pernah mengajarkan siswa berbagai materi dengan memberikan mereka tontonan video yang berkaitan dengan meteri pembelajaran.

Video tersebut berupa media Audio visual, siswa mendengarkan sekaligus melihat gambar yang mereka tonton. Setelah itu mereka menuliskan apa saja yang mereka lihat dalam video tersebut. Pembelajaran berbasis Video ini pernah kami dapatkan dimata kuliah PMTIK, namun video yang saya berikan kepada siswa adalah video yang saya buat dengan berbagai aplikasi selain Power Point, contohnya Wondershare Filmora, video Scribe, dan Focussky. sehingga video yang saya tampilkan lebih menarik dari video lainnya.



Filmora merupakan salah satu aplikasi edit video untuk PC terbaik yang pernah ada. Pendahulu aplikasi ini bernama Wondershare Video Editor, yang kemudian diturunkan pada aplikasi baru yaitu Filmora. Selain aplikasi ini terhitung mudah dalam penggunaannya, ternyata fitur yang dimilikinya pun sangat lengkap.

Videoscribe adalah software yang bisa kita gunakan dalam membuat design animasi berlatar putih dengan sangat mudah. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol ( Salah satu perusahaan yang ada di Inggris )



Focusky dapat mempublish media pembelajaran kita dalam bentuk video, aplikasi berformat exe dan html yang bisa di upload di website.

Disini saya melihat ketertarikan siswa saya sangat berbeda ketika saya hanya menjelaskan lalu memberi mereka tugas. Respon mereka pada saat menonton video lebih antusias daripada hanya mnjelaskan dan memberikan tugas. Penagkapan materipun berbeda, mereka lebih mengerti ketika mereka melihat langsung daripada hanya menjelaskan berupa khayalan. Begitu penting kita harus memahami siswa dalam menerima materi, karena berpengaruh dengan penerimaan konsep belajar mereka.  

 Inilah pendapat saya yang pernah saya lakukan dan amati, dengan ini saya dapat memahami karakteristik siswa dalam sehari – harinya. Sekian dan terima kasih perhatiannya, wassalamu alaikum WR.WB.





1 komentar:

  1. Saya kira pembelajaran berbasis video ada dibahas di kelas kita Bu Amriani

    BalasHapus